SOSIALISASI SADARI TENTANG DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI SMP 28 SEMARANG

maya triyanita

Abstract


Kanker payudara muncul karena adanya pertumbuhan sel sel yang tidak normal dan tidak terkontrol. Tingginya angka kematian paling banyak disebabkan karena keterlambatan diagnosa yang diikuti keterlambatan pengobatan. Keterlambatan diagnosa biasanya dikarenakan kedatangan pasien ke rumah sakit pada stadium lanjut (stage III dan IV). Masyarakat perlu mengetahui dengan pasti terkait kanker payudara, agar penderitanya tidak bertambah dan menimbulkan dampak sosial yang besar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat menambah manfaat dalam hal pengetahuan, pemahaman kepada masyarakat umum terkait kanker payudara yang penderitanya selalu bertambah. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan didapatkan hasil masyarakat telah memahami terkait kanker payudara, bagaimana cara pencegahannya dan gambaran rehabilitasi yang dapat diterapkan pada masyarakat umum.

Kata kunci: Kanker payudara


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sudargo, T., Freitag, H., Kusmayanti, N. A., & Rosiyani, F. (2018). Pola makan dan obesitas. UGM press.

Sundari, D. (2019). PERAN BIDAN PUSKESMAS DALAM PROGRAM KESEHATAN SEKOLAH UNTUK PENYADARAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA SISWI-SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN SEMARANG (Doctoral dissertation, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG).

Dartiwen, S. S. T., & Mira Aryanti, S. S. T. (2022). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Remaja dan Perimenopause. Deepublish.

BARUS, S. B. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Remaja Putri Kelas X di SMA RK Delimurni Bandar Baru Tahun 2019.

Rispawati, B. H., Rusiana, H. P., Halid, S., Romadonika, F., Supriatna, D., & Nadrati, B. (2021). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) PADA SANTRIWATI KELAS X DAN XI DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZIYAH. Jurnal LENTERA, 1(1), 35-41.

Sembiring, N. E., Sitio, S. S. P., & Ginting, D. S. (2020). PENGARUH PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRSAK TERHADAP PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA STADIUM AWAL DIDESA KOTO GADANGJAYA (KOJA) KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT. Jurnal Penelitian

Keperawatan Medik, 3(1), 52-58.

Amila, A., Sinuraya, E., & Gulo, A. R. B. (2020). Edukasi Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara Pada

Siswi Sma Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 29-40.

Prasetyo, R. A., Nuryana, H. S., Nisa, U. U., & Istiqomah, N. (2021). Evidence Based Nursing Self-Management untuk Mengurangi Konstipasi pada Pasien Kanker Payudara yang Menjalani Kemoterapi: A Literature Review. Journal of Bionursing, 3(1), 61-71.

Kerenhapukh, Yemima Kezia. Perancangan Interior Rumah Sakit Dr. Sardjito Khusus Kanker Payudara Dengan Pendekatan Art Therapy Di Yogyakarta. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2022.

Jaya, F. T., & Rusman, A. D. P. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara pada Remaja Putri di SMA Negeri 1 Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, 3(1), 9-22.

Fhirawati, F., Hamdayani, H., Annisa, F., Kasmiati, K., Patiku, Y., Efendi, S., ... & Ningsih, N. A. (2022). Ilmu kesehatan masyarakat.

Marfianti, E. (2021). Peningkatan Pengetahuan Kanker Payudara dan Ketrampilan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk Deteksi Dini Kanker Payudara di Semutan Jatimulyo Dlingo. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 25-31.

Lestari, P., & Wulansari, W. (2019). Pentingnya pemeriksaan payudara sendiri (sadari) sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 1(2).

Sihite, E. D. O., Nurchayati, S., & Hasneli, Y. (2019). Gambaran tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dan perilaku periksa payudara sendiri (SADARI). Jurnal Ners Indonesia, 10(1), 8-20.

Suryani, Y. (2020). Kanker Payudara.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v5i2.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.