PKM SOSIALISASI PENCEGAHAN KASUS STROKE DAN CAMPAIGN AKTIVITAS FISIK BAGI ANGGOTA PROLANIS DI PUSKESMAS HAMLAHERA SEMARANG

Zainal Abidin, Ni Ketut Dewita Putri, Tita Rachma Ayuningtyas

Abstract


Stroke menjadi kasus penyebab kematian pertama di Indonesia dengan angka kematian lebih dari 350 ribu per tahun. Stroke merupakan penyakit dengan gejala-gejala defisit saraf akibat gangguan aliran darah pada otak dengan beberapa faktor risiko yang dapat dicegah. Beberapa faktor risiko dari kasus ini antara lain; hipertensi, diabetes melitus, dislipidemia, obesitas, rokok, dan kurangnya aktivitas fisik. Faktor-faktor diatas berkaitan dengan gaya hidup sedentari, pola makan yang kurang tepat, dan keduanya dapat diperbaiki untuk mencegah penyakit yang lebih serius. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kasus ini adalah peningkatan pemahaman faktor risiko dan peningakatan aktivitas fisik terprogram. Guna menjawab permasalahan penyakit kronis ini, pemerintah memiliki program dalam pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang terintegrasi dengan fasilitas kesehatan dan BPJS. Salah satu program yang ada di tingkat puskesmas adalah Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Secara umum kelompok Prolanis memiliki kegiatan rutin yang meliputi edukasi kesehatan, home visit, dan pemantauan status kesehatan secara rutin. Peserta program prolanis memiliki riwayat penyakit kronis yang diantaranya merupakan faktor risiko kasus stroke. Faktor risiko ini harus dikontrol secara rutin dan diimbangi dengan perbaikan gaya hidup salah satunya aktivitas fisik untuk meminimalisir terjadinya kasus stroke.


Full Text:

PDF

References


Howard, V. J., & McDonnell, M. N. (2015). Physical activity in primary stroke prevention: just do it!. Stroke, 46(6), 1735-1739.

MacKay-Lyons, M., Billinger, S. A., Eng, J. J., Dromerick, A., Giacomantonio, N., Hafer-Macko, C.,& Unsworth, K. (2020). Aerobic exercise recommendations to optimize best practices in care after stroke: AEROBICS 2019 update. Physical therapy, 100(1), 149-156.

Prior, P. L., & Suskin, N. (2018). Exercise for stroke prevention. Stroke and Vascular Neurology, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v5i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.