PKM PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN BINA KELAURGA BALITA (BKB) DI RW 09 KELURAHAN GONDORIYO KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH

Rinayati Rinayati, Ambar Dwi Erawati, Sri Wahyuning

Abstract


Fokus PKM ini adalah pendampingan & pembentukan  Bina Keluarga Balita (BKB), meningkatkan kemampuan kader dalam  program KIA di kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan  Kota Semarang.. Upaya yang dilakukan antara lain: sosialisasi BKB,  pelatihan BKB, kegiatan BKB dan  meningkatkan kemampuan kader memberikan penyuluhan Tumbuh kembang balita.

 

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah membentuk BKB dan  pendampingan kader BKB  untuk meningkatkan kesehatan balita. Adanya  sinergi antara kader dan pelayan kesehatan dalam upaya peningkatan kesehatan balita di masyarakat.

 

Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah pendampingan. Kegiatan pelatihan meliputi 1) sosialisasi  BKB di masyarakat 2) Pembentukan BKB 2) Pelatihan kader tentang kegiatan pelaksanaan BKB, 3) pelatihan kader dalam penyuluhan stimuuulasi tumbuh kembang.

 

Kegiatan program PKM ini adalah a) Pra Survei b) Persiapan Alat & Bahan Pelatihan, c) Persiapan Tempat Pelatihan, d) Pelatihan kader, e) pendampingan kader dalam melaksanakan BKB , f) Evaluasi kemampuan & pemahaman kader. Pendampingan memenuhi indikator yaitu kegiatan BKB telah berjalan minimal 6 kali. Hasil kegiatan akan dipublikasikan pada jurnal nasional ber ISSN.

 

Kata kunci : Kader, Bina Keluarga Balita (BKB)


Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Bakti Husada.

Wong, Donna L. (2010). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik Edisi 4. Jakarta : EGC.

BKB BKKBN 2007




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v2i1.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.