PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN MATA PADA LANSIA DI KOTA SEMARANG

Aninda Putri, Dewi Sari Rochmayani

Abstract


Kesehatan mata pada lanjut usia (lansia) umumnya terjadi karena kemampuan mata untuk secara aktif berfokus pada objek yang dekat perlahan-lahan berkurang dikarenakan usia. Di desa Kedung Jangan, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen selama ini mempunyai kegiatan posyandu lansia, namun hanya sebatas melakukan kegiatan senam lansia dan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol dan asam urat. Dari studi pendahuluan 10 lansia tidak mengetahui tentang kesehatan mata dan belum pernah mendapatkan pemeriksaan mata dan banyak yang mengeluh mengalami gangguan penglihatan. Mengingat pentingnya kesehatan mata pada lansia yang akan berdampak bagi kondisi lansia secara umum, maka sangat perlu untuk dilakukan pemberian informasi terkait kesehatan mata pada lansia. Metode yang dilakukan adalah dengan memberikan informasi tentang kesehatan mata, pemeriksaan tajam penglihatan (visus), dan pemberian frame kacamata secara gratis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti sebanyak 50 lansia, dari mulai mengerjakan soal pre test, penyampaian materi, dan mengerjakan post test. Sebelum diberikan pengetahuan sebagian besar subyek belum memahami deteksi dini gangguan penglihatan, hal ini ditunjukkan dengan skor pengetahuan baik sebelumnya 0% menjadi 75%, skor pengetahuan cukup sebelumnya 16% menjadi 23% dan skor pengetahuan kurang sebelumnya 84% turun menjadi 2%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan tentang kesehatan mata pada lansia di Kedung Jangan Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Setelah kegiatan ini diharapkan agar para lansia yang mengikuti kegiatan ini dapat menyebarluaskan pengetahuan kepada masyarakat di sekitarnya terutama para lansia.


Full Text:

PDF

References


Amalia, E. et al. (2022) ‘Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Umum, Mata, serta Jiwa pada Lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Mandalika’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), pp. 468–473. Available at: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2701.

Bandiyah, S. (2009) ‘Lanjut usia dan keperawatan gerontik’, Yogyakarta: Nuha Medika [Preprint].

Cochrane, G.M., du Toit, R. and Le Mesurier, R.T. (2010) ‘Management of refractive errors’, BMJ, 340.

Dana, M.M. (2020) ‘Gangguan Penglihatan Akibat Kelainan Refraksi yang Tidak Dikoreksi’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), pp. 988–995. Available at: https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.451.

Hasbiani, H. (2022) ‘Peran pekerja sosial dalam meningkatkan kebermaknaan hidup lansia di Panti Sosial Lanjut Usia Mandalika NTB’. UIN Mataram.

Ilyas, P. dr. H.S. (2012) Ilmu Penyakit Mata.

Munandar, A. and Khairani (2016) ‘Gambaran Penglihatan Lanjut Usia di Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 1(1), pp. 1–9.

Notoatmodjo, S. (2012) ‘Metode Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta’. Notoatmodjo.

Of, E. et al. (2010) ‘Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Universitas Diponegoro Tahun 2010’, pp. 1–18.

Rahayu, T. and Ardia, V. (2019) ‘Peduli Kesehatan Mata Lansia di WIlayah Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan’, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, (17-UMJ-KS), pp. 1–5.

Sari Rochmayani, D., Cahyaningsih, O. and Budiono, I. (2021) ‘Upaya Pencegahan Kelainan Refraksi Melalui Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Orang Tua tentang Visual Higiene’, Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat: Pengmaskesmas, 1(2), pp. 1–6.

Simarmata, M.M. et al. (2023) ‘Edukasi Dan Pemeriksaan Mata Pada Siswa Asak a Di Pluit Keuskupan Agung Jakarta’, Peduli Kesehatan … [Preprint]. Available at: https://www.arogapopin.ac.id/journal/index.php/pkm/article/view/123%0Ahttps://www.arogapopin.ac.id/journal/index.php/pkm/article/view/123/59.

Somantri, U.W., Pramono, R. and ... (2022) ‘Penyuluhan Kesehatan Mata Dan Berbagi Kacamata Gratis Klinik Mutafadilah Medika Desa Cijaku Kabupaten Lebak Bekerjasama …’, Community: Jurnal …, 2(1), pp. 70–75. Available at: http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/173%0Ahttp://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/download/173/168.

Stanley, M. and Beare, P.G. (2006) ‘Buku ajar keperawatan gerontik’, Jakarta: Egc [Preprint].

Utomo, A.S. (2019) Status kesehatan lansia berdayaguna. Media Sahabat Cendekia.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v6i1.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.