PKM KELOMPOK USIA REMAJA DALAM PENCEGAHAN DINI DAN MENURUNKAN RESIKO REMAJA DENGAN ADIKSI INTERNET DI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE RANTING TUGU SEMARANG

Novia Putri Tsania, Indah Sulistyowati

Abstract


Pandemi covid-19 meningkatkan penggunaan internet. Remaja memiliki resiko efek negatif internet. Kondisi di lokasi kegiatan atau mitra menunjukkan adanya adiksi internet, salah satu faktornya yaitu karena internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Internet digunakan pada saat pembelajaran maupun istirahat. MR Spectroscopy Imaging brain dapat menunjukkan spektral dari metabolit tubuh. Tujuan pemeriksaan MR Spectroscopy diharapkan dapat digunakan sebagai alat penunjang diagnostik untuk pencegahan dini dan menurunkan resiko remaja menjadi adiksi internet dengan mengurangi pemakaian internet dalam kehidupan sehari-hari, setelah mengetahui hasil dari nilai metabolit yang berubah menggunakan MR Spectroscopy. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu dengan memberikan pre test dan post test, pemberian materi dan penyuluhan, diskusi dan tanya jawab serta melakukan evaluasi dan monitoring. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Minggu, 22 Januari 2023 yang berlokasi di SMK Bina Nusantara Semarang menunjukkan remaja telah memahami resiko remaja dengan adiksi internet dan bagaimana cara pencegahan dan menurunkan adiksi internetnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre test hampir semua remaja belum mengerti bahaya adiksi internet. Setelah diberikan materi mengenai resiko remaja dengan adiksi internet dan dilakukan post test pada remaja mereka mulai paham dan dapat menjawab pertanyaan dari penyaji mengenia resiko dari adiksi internet pada remaja.

Full Text:

PDF

References


Antonin Skoch FJ, J.B. (2008) ‘Spectroscopic imaging: Basic principles. ’, European Journal of Radiology [Preprint].

Bontrager K (2001) Textbook of Radiographic Positioning and Related Anatomy. Edition F. Edited by saint Louis.

D. P. Soares ML. (2008) ‘Magnetic resonance spectroscopy of the brain: review of metabolites and clinical applications’, Clinical Radiolology, pp. 12– 21.

Griffiths, M. (2005) A ‘components’ model of addiction within a biopsychosocial framework.

Han, D.H. et al. (2014) ‘Proton magnetic resonance spectroscopy (MRS) in on-line game addiction’, Journal of Psychiatric Research, 58, pp. 63–68. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jpsychires. 2014.07.007.

Irina Mader SR, P.G.U.K. (2008) ‘1H MR spectroscopy of inflammation, infection and ischemia of the brain’, Elsevier Ireland Ltd, 67(250).

Nur Rahmawati, A.I. (2018) ‘Internet Addiction pada remaja Pelaku Substance Abuse: Penyebab atau Akibat?’, Buletin Psikologi, 26(1), pp. 64–70. Available at: https://doi.org/10.22146/ buletinpsikologi.31164.

WHO (2021) ‘Adolescent health’.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v5i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.