PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU LANSIA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI PADA LANSIA DI RW 09 KELURAHAN GONDORIYO

Chusnul Zulaika, Dewi Sari Rochmayani, Hargianti Dini Iswandari

Abstract


Lansia merupakan istilah tahap akhir dari proses penuaan. Dalam mendefinisikan batasan penduduk lanjut usia menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional ada tiga aspek yang perlu dipertimbangkan yaitu : aspek biologis, aspek ekonomi dan aspek sosial.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan gizi pada lansia diantaranya dengan meningkatkan pengetahuan lansia itu sendiri tentang pentingnya asupan gizi yang cukup, melakukan periksa pada lansia, segera memeriksakan diri jika ada keluhan. Namun, pada kenyataannya masih banyak lansia yang tidak dapat melakukan hal tersebut karena berbagai keterbatasan, sehingga dibutuhkan pendampingan oleh petugas kesehatan. Di samping itu terbatasnya jumlah petugas kesehatan juga menjadi masalah yang tidak pernah teratasi, sehingga peran serta masyarakat dalam hal ini kader kesehatan sebagai kepanjangan tangan dari petugas kesehatan sangat dibutuhkan.

Solusi dalam upaya pencegahan gangguan gizi pada lansia antara lain dengan melatih kader tentang gizi lansia, mendampingi kader dalam kegiatan posyandu lansia,membantu mendeteksi adanya masalah gizi lansia. Hasil kegiatan akan dipublikasikan pada jurnal nasional ber ISSN

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Kader, Posyandu Lansia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.