PENINGKATAN PENGETAHUAN PEMBIMBING KLINIK MELALUI PELATIHAN METODE PRECEPTORSHIP

Dwi Retnaningsih, Niken Sukesi, Dwi Nur Aini, Wahyuningsih Wahyuningsih, Arifianto Arifianto, Tri Sakti Widyaningsih, Maulidta Karunianingtyas, Priharyanti Wulandari

Abstract


Peran perawat dalam meningkatkan kualitas asuhan adalah sebagai Preceptor. Preseptor bertugas untuk membimbing mahasiswa keperawatan atau perawat baru untuk belajar menerapkan teori dan pengetahuan yang dimiliki. Perawat, sebagai instruktur keperawatan, bertindak sebagai guru dengan tanggung jawab khusus kepada peserta didiknya yaitu mahasiswa (mentee). Preceptorship adalah salah satu metode bimbingan dengan one to one relationship dalam ruang lingkup keperawatan yang dinilai cukup baik untuk menambah keterampilan dalam perawatan, baik soft skills, hard skills dan attitude profesi keperawatan. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk membimbing pembimbing klinik dengan pendekatan preseptorship, baik yang sudah pengalaman ataupun yang belum banyak pengalaman namun memiliki ketertarikan menjadi preseptor klinik yang berkualitas. Metode pengabdian dilakukan dengan format kuliah didaktif, roleplay, latihan ketrampilan dan evaluasi kegiatan. Peserta akan belajar memahami kurikulum pendidikan Klinik, konsep model preseptorship, merancang kegiatan bimbingan klinik berdasarkan kondisi yang dihadapi, pembinaan hubungan kooperatif dan kolaboratif antara preseptor dan peserta didik, ketrampilan memberikan feedback, menilai kemampuan peserta didik dan memahami tugas dan fungsi preseptor klinik yang professional. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah dilakukan kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapatkan respon yang baik, dan terlaksana dengan lancar. 


Full Text:

PDF

References


Dube, A. and Rakhudu, M.A. (2021) ‘A preceptorship model to facilitate clinical nursing education in health training institutions in Botswana’, Curationis, 44(1), pp. 1–9. doi:10.4102/curationis.v44i1.2182.

Foley, V.C., Myrick, F. and Yonge, O. (2020) ‘A Phenomenological Perspective on Preceptorship in the Intergenerational Context’, International Journal of Nursing Education Scholarship, 9(1). doi:10.1515/1548-923X.2452.

Jönsson, S., Stavreski, H. and Muhonen, T. (2021) ‘Preceptorship as part of the recruitment and retention strategy for nurses? A qualitative interview study’, Journal of Nursing Management, 29(6), pp. 1841–1847. doi:10.1111/jonm.13319.

Nur Sinta Rahmawati, F.A. (2022) ‘Hubungan Antara Kompetensi Preceptor Dengan Pencapaian Kompetensi Komunikasi Mahasiswa Profesi Ners : Literature Review’, Borneo Student Research, 3(3), pp. 2738–2747. Available at: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2848/1359.

Putri, S.T., Salasa, S. and Fitriana, L.A. (2021) ‘Pelatihan Preceptorship Bagi Clinical Instructor Keperawatan’, Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), pp. 150–156. doi:10.24036/abdi.v3i2.115.

Qodir, A. and Christiana, A. (2018) ‘Mahasiswa Keperawatan’, 7(2), pp. 83–88. doi:https://doi.org/10.33475/jikmh.v8i1.191.

Rahmayunia, I. and Rezkiki, F. (2021) ‘Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Perseptor Klinik Dalam Kegiatan Preseptorship Selama Praktek Profesi Ners’, Human Care Journal, 6(2), pp. 429–435. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v6i2.1256.

Renu, M., Boonchom, S. ard and Apinya, J. (2015) ‘Strengthening preceptors competency in Thai clinical nursing’, Educational Research and Reviews, 10(20), pp. 2653–2660. doi:10.5897/err2015.2468.

Setyaningrum, I. et al. (2020) ‘Hubungan antara Motivasi Clinical Instructure dengan Pelaksanaan Preceptorship di RSUD dr Soeselo Slawi’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 3(2), pp. 51–64. doi:http://jurnal.umt.ac.id/ index.php/jik/index.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v5i1.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.