PENDAMPINGAN ANAK SD UNTUK MENGURANGI STRES DENGAN TERAPI BERMAIN BERBASIS TEKNOLOGI

Wijanarko Heru Pramono, Emilia Puspitasari Sugiyanto, Candra Hadi Prasetyo

Abstract


Perkembangan dan kemajuan IPTEK memberikan kemudahan untuk kita semua karena kita dapat mengakses informasi dalam waktu yang relatif singkat dan murah, tetapi disisi lain kemajuan IPTEK semacam ini juga mempunyai dampak negative. Seperti pada saat kondisi pandemic saat ini hampir seluruh dunia sedang mengalami pandemic dan social distancing diberlakukan untuk mengatasi hal tersebut, alhasil hampir seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring, hal ini menjadi stressor sendiri untuk siswa. Stres akademik adalah suatu keadaan atau kondisi berupa gangguan fisik, mental atauemosional yang disebabkan ketidaksesuian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa sehingga mereka semakin terbebani dengan berbagai tekanan dan tuntutan di sekolah. Dampak yang muncul saat pandemic diantaranya adalah stress pada anak. Tingkat stress pada siswa disebabkan oleh kejenuhan tugas sekolah yang lebih banyak ketimbang saat tatap muka menjadi salah satu penyebab stress anak. Gambaran stresss anak ditunjukan dengan tidak mau atau menolak menyelesaikan tugas, mudah menangis atau marah. Untuk itu perlu upaya untuk mengatasi stress anak yaitu dengan terapi bermain berbasis teknologi.

Pengabdian berupa pendampingan kegiatan bermain berbasis teknologi pada anak. Luaran dari pengabdian masyarakat adalah peningkatan pengetahuan tentang stress, terapi bermain dan artikel pengabdian masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. ( (2015)). Dampak Penggunaan Game Online terhadap Perilaku remaja. Medan: file:///C:/Users/User/Downloads/DAMPAK_PENGGUNAAN_GAME_ONLINE_TERHADAP_P.pdf.

Ariantoro., T. R. ( (2016)). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. . JUTIM, 1/1 , 45-50.

Fahlepi, R. D. ((2018)). Dampak Game online Bagi Penggunanya. Indonesian Journal on Software Engineering.

Hermawan, E. ((2019)). Kecanduan Game Digital Online: Memahami Dampak Kecanduan GameOnline terhadap Hubungan Sosial. Jurnal Ilmu Sosial, 2/1 , 149-162.

Indahtiningrum, F. (2013). Hubungan Antara Kecanduan Video Game Dengan Stres Pada Mahasiswa Universitas Surabaya. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (September) , Vol. 2 No. 1 .

Irmawati, F. W. ((2019)). Dampak Bermain Game Online pada Hasil belajar Di SMAN 12 Makassar. Jurnal sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM , 95-99.

Mertika. (2019). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. JOURNAL OF EDUCATIONAL REVIEW AND RESEARCH, Vol. 3 No. 2, December 2020. Page: 99 – 104.

Novrialdy, E. ((2019)). Kecanduan Game online pada Remaja : Dampak dan Pencegahannya. 148-158: Buletin Psikologi, 27/2 .

Nurlaela, S. I. ((2017)). Dampak Game Online terhadap Moral anak di Desa Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur 93-104. Tomalebbi Volume IV/I, 93-104.

ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. 9(2), 18–29.

Putri, H. Y. S. (2019). PENGGUNAAN PERMAINAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA SISWA SD KELAS III-IV PENGGUNAAN PERMAINAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Psikologi pada Anak Sekolah Dasar Perkembangan. 3(4), 527–533.

Puji Meut, F. F. ( (2020). ). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. GentaMulia, 9/1 , 22-23.

Sinsu Erik, W. V. (2020). HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KESEHATAN MENTAL. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa Volume 2 No 2, Hal 69 - 76.

Sulastri Na’ran, M. r. ((2019)). Dampak Game Online pada Peserta Didik Di SMANegeri 4 Tana Toaraja. . Jurnal Sosialisasi Pendidikan sosiologi-FIS UNM,, 102-107.

Suryanto, R. N. ( (2015)). Dampak Positif dan negatif Permainan game Online dikalangan Pelajar. . Jom FISIP, 2/2 , 1-15.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v4i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.