PKM OPTIMALISASI PERAN PENGASUH TPA DALAM PIJAT BAYI DAN BALITA DI TPA PERMATA CERIA BANGSA

oktaviani cahyaningsih, Indah Sulistyowati, Novita Alfiani

Abstract


Tempat Penitipan Anak (TPA) dikenal juga dengan sebutan Daycare Centre (DCC), TPA adalah suatu wadah pembinaan kesejahteraan anak yang memberikan pelayanan kepada para ibu-ibu bekerja atau orang tua bekerja, yang memiliki anak dalam usia balita sampai usia prasekolah yang mencakup pertumbuhan dan kesejahteraan anak baik jasmani maupun rohani dan sosialnya. Pengasuh TPA yang rata-rata tidak mempunyai latar belakang pendidikan kesehatan sehingga cenderung mengasuh hanya sekedar mengasuh saja, sehingga balita yang ada di TPA tidak pernah tersentuh oleh materi-materi mengenai pijat bayi dan balita.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah ingin memberikan pengetahuan mengenai manfaat pijat bayi dan balita pada pengasuh Taman Pengash Anak (TPA) serta meningkatkan layanan pengasuhan, pendidikan, perawatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak khususnya anak yang orang tuanya berkerja di luar rumah

Metode yang digunakan untuk sosialisasi Pijat Bayi dan Balita metode Ceramah, Praktek, Role Play, Studi Kasus dan Diskusi, Evaluasi dan Pendampingan. Hasil yang diperoleh terapi pijat dapat meningkatkan durasi tidur, pemberian terapi pijat dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita. Kesimpulan Kelas pijat dapat memberikan pengetahuan tentang teknik pijat bayi dan balita secara mandiri pada pengasuh TPA, kelas pijat bayi dapat diberikan pada beragam tingkatan pendidikan karena  peningkatan keterampilan tidak dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan.

 

Kata Kunci : Pijat, Bayi dan Balita, Pengasuh TPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v3i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.