PKM Komunikasi Efektif Orang Tua dan Anak dalam Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak

Arifianto Arifianto, Mariyati Mariyati, Dwi Nur Aini, Menik Kustriyani

Abstract


Setiap lingkungan memiliki masalah dengan perilaku Bullying pada anak. Peran Orang tua dalam melakukan komunikasi efektif pada anak dapat mencegah terjadinya perilaku Bullying pada anak. Tujuan kegiatan PKM adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan komunikasi efektif orang tua dan anak untuk mencegah terjadinya Bullying pada anak melalui pola asuh yang tepat. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan komunikasi efektif orang tua dan anak untuk mencegah terjadinya Bullying pada anak dengan diskusi, tanya jawab, dan simulasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan pada orang tua sebanyak 18 orang. Orang tua mempunyai peran yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan karakter pada anak, sosok orang tualah yang akan dijadikan sebagai suri tauladan oleh anak dalam membentuk karakter anak dengan memberikan contoh kebiasaan hal yang baik dan berinteraksi dengan lingkunganya. Dengan  demikian  karakter yang ditanamkan orang tua sejak dini akan membentuk karakter anak yang baik, kuat, lebih berani, tidak takut dan lebih percaya diri. Kesimpulan dari kegaiatan PKM yaitu meningkatnya pengetahuan dan keterampilan komunikasi efektif orang tua dapat  mencegah  bullying  pada  anak melalui pola asuh yang tepat.

Keywords


Komunikasi efektif; Bullying

Full Text:

PDF

References


Ainun Pudjiastami.(2020).Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan InteraksiSosial Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Universitas Bosowa Makassar.

Andi Muhammad Ikhsan Janatung.(2018). Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying di SMAN 2 Baru, Skripsi, Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar

Andri Priyatna. (2010) Lets End Bullying: Memahami, Mencegah Dan Mengatasi Bullying, Jakarta: Elex Media Komputindo

Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Grasindo.

Defri Agusti. (2020). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Siswa Studi Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi Kecamatan Jambi Luarkota Kabupaten Muaro Jambi. UIN SST Jambi.

Ela Zain Zakiyah, Sahadi Muhaedi, & Meilanny Budiarti Santoso. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4, 129–389.

Gatra Dewantara, S., Kunci, K., Hidup Dasar, B., & Palang, R. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Bantuan Hidup Dasar pada Relawan PMI dalam Kesiapsiagaan Bencana Artikel Info Abstrak. 3(2). https://journal.aiska-university.ac.id/index.php/ASJN

Hidayah, Rifa. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang : UIN Malang Press

Ida Mega Sripurwaningsih. (22017). Hubungan perundungan (Bullying) Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Institut Islam Negeri.

Ilmiah, J., Altruistik, K., Duwi Nur A’ini, A., Reny, A., Jayakarta, S., & Keparawatan, S. (2020). Hubungan Harga Diri Dan Pengetahuan Tentang Bullying Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Keperawatan Aaltruistik (JIK), 3, 28–37.

Imas Kurnia. (2016). Bullying. Yogyakarta. Relasi Inti Media.

Indainanto, Y. I. (2020); Relasi Poliitik, Bullying dan Etika Mengenai Isu “Muslim Uighur” di Media sosial. Interaksi; Jurnal Ilmu Komuniikasi , 68-85.

Kusuma,M.P.(2016). Perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Mawadah Nasution. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 117–140.

Mintasrihardi. Dkk. (2019). Dampak BullyingTerhadap Perilaku Remaja (Studi Pada SMK N 5 Mataram). Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 7(1): 44-55

Permana, S.(2019). Penanganan Perilaku Bullying pada Siswa. Biblio Couns, 2, 47-60

Ponny Retno Astuti,(2008).Meredam Bullying, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Prasanti, D. (2016). Perubahan Media Komunikasi dalam Pola Komunikasi Keluarga di Era Digital. Jurnal COMMED.

Rifa Hidayah. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. UIN Malang Press.

Rohim, S. (2009). Teori Komunikasi, Perspektif, Ragam & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Saputri Program Studi Bimbingan Dan Konseling, L. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Siswa Smp N 1 Wedung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1).

Sari A. dkk.(2010) Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol. 08, No. 2. ISSN 1693-369

Yuliana.(2020). Dampak Bullying Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa (Studi Di Mts Laboratorium UIN STS Jambi) Skripsi. UIN STS Jambi

Yulianti, Y., & Syukur, M. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2), 176–183. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.449

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v7i1.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

  
 Published by: Universitas Widya Husada Semarang | ISSN : 2656-8640 (Print) | ISSN : 2684-7272 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION