PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM UPAYA SOSIALISASI PEMERIKSAAN KEHAMILAN DENGAN MENGGUNAKAN ULTRA SONOGRAFI (USG) PADA IBU HAMIL

Novita Alfiani, Aryadiva Nugrahaning Prayoga, Nanik Suraningsih

Abstract


                                         ABSTRAK

Pemeriksaan dengan alat ultrasonografi (USG) merupakan salah satu jenis tindakan medis yang lazim dilakukan. Pemeriksaan kandungan dengan USG dapat mengetahui ada atau tidaknya kehamilan, hidup atau tidaknya janin lokasi dari plasenta, dan umur gestasi. Pemeriksaan ini pun bertujuan untuk melihat ada/tidaknya cacat bawaan pada janin, selain itu ada berbagai faktor yang mendorong seorang Ibu menjalani pemeriksaan USG, mulai dari memastikan adanya janin dalam rahim sampai mendeteksi adanya gangguan pada kehamilan.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pemanfaatan USG dalam pemeriksaan kehamilan masih rendah. Termasuk di Kelurahan Bandarjo Kec Ungaran Timur Kab Semarang dari survey awal didapatkan bahwa ada ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan USG beralasan takut berdampak pada kehamilannya atau pada janinnya. Hal ini dikarenakan banyak ibu hamil yang kurang mengetahui manfaat dan tujuan dari pemeriksaan USG pada kehamilan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2022 dengan hasil sudah dilaksanakan kegiatan pendampingan kepada anggota kader posyandu pada saat melaksanakan pertemuan dan anggota dapat menyampaikan informasi tentang pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG dengan baik dan mendapat respon dari peserta serta peserta dapat memahami informasi yang disampaikan dengan kebersediaan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG

Kata Kunci : Kehamilan, Ultrasonografi, Kandungan

ABSTRACT

 

Examination by ultrasound (USG) is one type of medical action that is commonly done. Obstetrical examination with ultrasound can determine the presence or absence of pregnancy, whether or not the fetus is alive, the location of the placenta, and gestational age. This examination aims to see the presence or absence of congenital defects in the fetus, besides that there are various factors that encourage mothers to undergo ultrasound examinations, starting from ensuring the presence of a fetus in detecting disorders in pregnancy.

Based on several studies conducted, it was found that the level of knowledge of pregnant women about the use of ultrasound in pregnancy examinations is still low. In Bandarjo Village, Ungaran Timur District, Semarang Regency, from the initial survey it was found that there were pregnant women who did not perform an ultrasound examination because of the impact on their pregnancy or on the fetus. This is because many pregnant women do not know the benefits and objectives of ultrasound examination in pregnancy.

The activity was carried out on 7 May 2022 with the results of the implementation of mentoring activities to posyandu cadre members during the meeting and members were able to convey information about pregnancy checks properly and get responses from participants and participants were able to understand the information conveyed by the willingness of pregnant women to carry out pregnancy checks by using ultrasound

Keywords: Pregnancy, Ultrasonography, Gynecology

 

 


Full Text:

PDF

References


Azwar. S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Depkes. (2011). Lima strategi operasional turunkan angka kematian Ibu. http://www.depkes.go.id/article/print/1387/lima-strategi-operasionalturunkan-angka-kematian-ibu.html.

Manuaba, et.al. (2008). Gawat-DaruratObstetri-Ginekologi dan ObsteriGinekologi Sosial untuk Profesi Bidan. Jakarta : EGC.

Komariyah, (2014). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Pemeriksaan Antenatal Care. Diunduh dari http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/documents/3628.pdf.

Kusumo. B.A. (2016). Hubungan antaraTingkat Pengetahuan Ibu Hamildengan Kepatuhan Kunjungan ANC. Publikasi Ilmiah UniversitasMuhammadiyah Surakatra.

Wahyuni. S & Ernawati. (2015). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Ibu Hamil Melakukan Pemeriksaan Kehamilan




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v4i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.