PKM Promkes Kelompok Masyarakat Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Bangetayu Wetan

Endang Supriyanti, Dyah Restuning Prihati, Maulidta Karunianingtyas Wirawati

Abstract


Adaptasi kebiasaan baru adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh masyarakat dan semua institusi yang ada di wilayah tersebut untuk melakukan pola harian atau pola kerja atau pola hidup baru yang berbeda dengan sebelumnya. Salah satu upaya untuk mewujudkan penerapan  adaptasi kebiasaan baru oleh semua masyarakat adalah dengan sosialisasi yaitu memberikan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Masyarakat kelurahan Bangetayu Wetan belum tahu tentang arti dari adapatasi kebiasaan baru karena belum pernah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perilaku adaptasi kebiasaan baru. Kelurahan Bangetayu Wetan terletak sekitar 18 KM dari Universitas Widya Husada Semarang, merupakan kelurahan dengan kasus konfirmasi positif COVID-19 cukup tinggi. Sebagian besar masyarakat tidak patuh memakai masker pada saat keluar rumah dan beranggapan bahwa new normal adalah kembali hidup normal seperti sebelum terjadi pandemi covid-19. Tujuan dari pelaksanaan PKM ini adalah upaya peningkatan pengetahuan dan mengembangkan perilaku sehat untuk mencegah penularan COVID -19 khususnya di wilayah RT 11 RW 02 Bangetayu Wetan. Setelah dilakukan kegiatan PKM ini terjadi peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku masyarakat RT 11 RW 02 Bangetayu Wetan khususnya memakai masker dan mencuci tangan. Akan tetapi perubahan perilaku belum optimal karena masyarakat beranggapan wilayahnya masih aman dari COVID-19.

Full Text:

PDF

References


Bensley, Robert J dan Jodi B-F. (2008). Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Alih bahasa Apriningsih et.al. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Fajarani, Tia. et.al. (2020). Penyuluhan Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Desa Tangguh COVID-19. International Journal Of Community Service Learning. Volume 4 Nomor 4, halaman: 290-296.

Herdiana, Dian. (2020). Penanggulangan COVID-19 Tingkat Lokal Melalui Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Provinsi Jawa Barat. Journal of Governance Innovation Volume 2, Number 2, halaman: 131-156.

Irawati, Theresia. (2020). Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (kemkes.go.id)

Kemkes. (2020). Pandemi Covid-19 Tuntut Masyarakat Hidup Normal yang Baru. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (kemkes.go.id)

Kemkes. (2020). Ketahui: Adaptasi Kebiasaan Baru. Ketahui: Adaptasi Kebiasaan Baru - Apa yang Harus Kamu Ketahui? | Covid19.go.id

Kusuma, Hadi YL. et.al. (2020). Penguatan Pengetahuan Kader Posbindu-Ptm Rajawali Desa Sumbertebu Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimakes Vol 1 No 1 halaman: 22-31.

Notoadmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Satria, BA.et.al. (2020). Penyuluhan Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Desa Tangguh COVID-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat anoa. Volume 1, nomor 3, halaman: 107-122




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v3i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.