PENDAMPINGAN KADER KELOMPOK KERJA (POKJA II) DAN PEMBERDAYAAN IBU MELALUI EDUKASI DAN APLIKASI KARTU PENILAIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA DI POSYANDU BALITA RW IX KELURAHAN GONDORIYO KOTA SEMARANG

Tri Sakti Widyaningsih, Tamrin Tamrin

Abstract


Fokus dari pelaksanaan PKM ini adalah upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan serta pengembangan peran kader dalam meningkatkan kemampuan pelaksananaan program peningkatan kesehatan balita di kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Kader kesehatan adalah orang yang berperan aktif dalam peningkatan derajat kesehatan di wilayah kelurahan Gondoriyo. Sesuai permasalahan yang dihadapi mitra tersebut, upaya yang dilakukan antara lain: untuk kader adalah pemberian edukasi dan pelatihan tentang penilaian pertumbuhan dan perkembangan balita, meningkatkan pemahaman dan pemberdayaan ibu yang memiliki balita. Target khusus dari kegiatan PKM  ini adalah mengajarkan sistem pendampingan kader posyandu balita untuk meningkatkan kesehatan anak di masyarakat. Selain itu terjadi sinergi antara kader, pelayan kesehatan dan orang tua dalam upaya peningkatan kesehatan balita di masyarakat.  Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah pendampingan kader pokja II dan pemberdayaan ibu yang memiliki balita. Kegiatan pelatihan meliputi 1) Pemberian pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang, 2) Pelatihan dan Pendampingan Kader Kelompok Kerja (POKJA II) dalam penilaian pertumbuhan dan perkembangan balita di masyarakat, 3) Pemberdayaan ibu Balita dalam aplikasi stimulasi pertumbuhan dan perkembangan balitanya. Rencana kegiatan program PKM ini adalah a) Pra Survei Lapangan, b) Persiapan Alat dan Bahan Pelatihan, c) Persiapan Tempat Pelatihan d) Pelatihan kader e) pendampingan kader dalam pemberdayaan ibu balita dalam stimulasi tumbuh kembang anak f) Evaluasi kemampuan dan pemahaman kader dan ibu balita g) Pembuatan Laporan dan Publikasi. Kegiatan PKM dilaksanakan pada bulan Agustus 2019-Juli 2020. Hasil kegiatan adalah seluruh rencana kegiatan terlaksana dengan baik. Terlatih 9 kader kesehatan POKJA II Posyandu RW IX Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dan pengetahuan kader meningkat. Hasil edukasi dan penilaian tumbuh kembang balita dapat dilakukan oleh para kader dan pemberdayaan ibu yang memiliki balita.

 

Kata Kunci: Pendampingan Kader Kelompok Kerja (POKJA II), Pemberdayaan Ibu Balita, Edukasi, Penilaian Tumbuh Kembang Balita

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kementrian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL POSYANDU). (2011). Pedoman umum pengelolaan posyandu. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

. (2010). Pedoman Pelaksanaan Simulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Bakti Husada.

Sari, P. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Revitalisasi Posyandu dan Pelatihan Kader sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat (Studi Kasus di RW 06 Desa Cileles Kecamatan Jatinangor tahun 2017). Jurnal Unpad, vol. 2 (2), 1-5.

Ulfa, S.L. (2018). Strategi Revitalisasi Posyandu dalam Pengembangan fungsi dan Kinerja Posyandu di UPTD Puskesmas Sandar Angin Kelurahan Reba Tinggi Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam. Digilib.unila.ac.id.

Wong, Donna L. (2011). Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik Edisi 4. Jakarta : EGC.

Zainiah, N. dan Suratini (2014). Hubungan Frekuensi Pelatihan yang Diikuti Kader dengan Tingkat Keterampilan Kader dalam Pelayanan Posyandu Balita di Desa Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Digilib.unisayogya.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v2i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.