PENDAMPINGAN PADA SISWA SEKOLAH PERTAMA TENTANG KEPERCAYAAN DIRI (ACNE VULGARIS) DI SMPN 31 SEMARANG

Windyastuti - -

Abstract


Tujuan : Memberikan informasi dan edukasi tentang pencegahan acne vulgaris dan penanganannya. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dalam perawatan wajah yang terkena acne vulgaris

Target : Terbentuk TIM UKS yang terdiri dari guru, komite sekolah dan siswa. Guru, siswa dan komite sekolah mampu menjelaskan kepada siswa yang bermasalah tentang acne vulgaris dan Pengobatan secara herbal yang dapat digunakan

Metode : Tahap perencanaan dimulai dengan koordinasi dengan pihak sekolah tentang pelaksanaan Tim Usaha Kesehatan Sekolah, diadakan sosialisasi pembentukan tim kesehatan sekolah dan pembinaan pengurus UKS di SMPN 31 Semarang. Pelaksanaan Untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang mempunyai masalah kesehatan acne vulgaris di SMPN 31 Semarang dilakukan upaya menanamkan prinsip hidup sehat pada diri sendiri melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan melalui kegiatan UKS. Pendidikan Kesehatan di SMPN 31 Semarang. Pendidikan kesehatan adalah upaya yang diberikan berupa bimbingan atau tuntunan kepada guru dan siswa tentang kesehatan yang meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi (fisik, mental dan sosial) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Hasil kegiatan : Terbentuk tim kesehatan sekolah, UKS, berjalannya kegiatan yang dilakukan oleh anggota tim UKS, kemandirian anggota UKS dalam memberikan solusi terutama tentang masalah kesehatan acne vulgaris.

Kata kunci : Pendampingan, siswa, kepercayaan diri


Full Text:

PDF

References


Bourke, J, R, G, B & Tim Cunliffe. (2011).Dermatologi Dasar untuk praktik

klinik. Jakarta : EGC

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan.

Jakarta: Salemba Medika

Susanto, R, C. & G A Made Ari M. (2013).Penyakit Kulit Dan Kelamin.

Yogyakarta : Nuha Medika

Syarifuddin, 2012. Anatomi fisiologi untuk keperawatan dan kebidanan.

EGC. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.