PKM PENDAMPINGAN BAGI KADER POSYANDU DAN IBU HAMIL TENTANG SOSIALISASI DAN PELATIHAN SENAM HAMIL BAGI IBU HAMIL TRIMESTER 2 DAN 3 DI DESA BANJARSARI KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK

Kuswardani -, Zainal Abidin, Dwi Nur Astuti

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan, keterampilah serta pemahaman kader posyandu dan ibu hamil tentang cara dan manfaat senam hamil selama usia kehamilan trimester 2 dan 3 di Desa Banjarsari Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Target khusus dari PKM ini adalah mengajarkan cara melakukan senam hamil yang aman untuk hamil trimester 2 dan 3. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memberikan pendampingan mulai dari memberi penyuluhan dan diskusi, pelatihan senam hamil yang aman untuk ibu hamil trimester 2 dan 3, uji coba, evaluasi, dan penyerahan hasil pamflet ke peserta penyuluhan/pelatihan. Kegiatan program PKM ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan dan pelatihan di balaidesa Banjarsari a) Pra survei lapangan, b) Persiapan alat dan bahan pelatihan, c) Persiapan metode pelatiahan, d) Pelatihan Pengurus OP dan fisioterapi mandiri, e) Pendampingan, f) evaluasi, g) Pembuatan laporan dan Publikasi. Berdasarkan hasil penyuluhan dan pelatihan didapatkan hasil yang signifikan yaitu kader posyandu dapat memandu senam hamil dengan benar dan ibu hamil memahami manfaat dari senam hamil.


Full Text:

PDF

References


Ainin N, Rosyidah T, Marharani A. 2016. Hubungan Pelaksanaan Senam Hamil dengan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester III di Bidan Praktek Mandiri Supadmi, Kunden Bulu, Sukohardjo. J Involusi Kebidanan. 7(12):42.

Ali, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmawati. Sistem Hematologi dan Imunologi. 2013. (Juliastuti D, ed.). Jakarta: In Media.

Fauziah dan Sutejo. 2012. Keperawatan Maternitas Kehamilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fitriani, et al. 2018. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar pada bayi 0-12 bulan di Desa Lajer Penawangan Kabupaten Grobogan. Ejournal.annurpurwodadi.ac.id>view.

Manuaba, Ida Bagus Gde. 2015. Pengantar Kuliah Obtetri. EGC. Jakarta.

Merdianti, 2014, Pengaruh Yoga Terhadap Pengurangan Keluhan Ibu Hamil Trimester III, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 1 (1). 47-53

Reeder, Sharon J. 2012. Keperawatan Maternitas Kesehatan Wanita,Bayi, danKeluarga. Jakarta: ECG

Sulistia D, 2015. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Multipara tentang Teknik Relaksasi pada Persalinan Kala I Fase Aktif di BPM Wiwik Bangunjiwo Bantul. Vol. 151, Repository Unjaya.

Sutanto, Andina Vita dan Fitriana, Yuni. 2018. Asuhan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Suryani, P., & Handayani, I. 2018. Senam hamil dan ketidaknyamanan ibu hamil trimester ketiga. Jurnal Bidan, 4(1).

Rahmawati, Rosyidah, Marharani. 2016. Hubungan Pelaksanaan Senam Hamil Dengan Ketidaknyamanan Ibu hamil Trimester III Di Bidan Praktek Mandiri Supadmi Kunden Bulu Sukoharjo, Jurnal Involusi Kebidanan, Vol.7, No.12

Faletehan, N. M. S., & Faletehan, P. A. S. S. Efektifitas Senam Hamil Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester 2 Dan 3 Di Desa Margaluyu Wilayah Kerja Puskesmas Kasemen.

Wahyuni; Ni’mah. 2013. Manfaat Senam Hamil Untuk Meningkatkan Durasi Tidur Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 8(2) 145-152

Widyawati, Syahrul. 2013. Pengaruh Senam Hamil Terhadap Proses Persalinan Dan Status Kesehatan Neonatus, Jurnal Berkala Epidemiologi Vol.1, No.2, September 2013 (316-324)




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v4i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.