PELATIHAN PENERAPAN BUKU SDKI, SLKI DAN SIKI PADA PERAWAT DI CHARLIE HOSPITAL

Niken Sukesi, Wahyuningsih Wahyuningsih

Abstract


Dokumentasi Keperawatan merupakan gambaran tindakan yang diberikan perawat kepada pasien dalam asuhan keperawatan. Dokumentasi ini terdiri dari pengkajian, diagnosis keperawatan, intervensi dan evaluasi. Dokumentasi keperawatan harus dievaluasi terkait dengan penerapannya dalam pemberian asuhan keperawatan. Alasannya karena masih adanya keragaman dalam merumuskan diagnosis keperawatan karena beragamnya pendidikan keperawatan, pengetahuan perawat, bahkan perbedaan standar acuan yang digunakan.  Perawat di Charlie Hospital mempunyai perbedaan latar belakang asal institusi pendidikan yang berbeda. Sehingga diperlukan pelatihan penerapan buku ini dalam memberikan asuhan keperawatan terutama dalam perumusan diagnosis keperawatan. Tujuan pengabdian  ini untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan perawat dalam penerapan diagnosis yang selama ini diterapkan di rumah sakit.  Solusi yang ditawarkan yaitu berupa pelatihan dalam penerapan buku SDKI, SLIKI dan SIKI. Target yang diharapkan perawat  mampu menerapkan dan paham dalam penggunaan buku SDKI, SLKI dan SIKI. Metode pengabdian ini dengan cara pengumpulan informasi terkait pengetahuan perawat tentang penerapan SDKI, SLKI dan SIKI, pemberian materi,  pendampingan serta evaluasi penerapan buku ini dalam asuhan keperawatan.


Full Text:

PDF

References


Hendriana, Y. and Pranatha, A. (2020) ‘Standar nursing language berbasis NANDA, NOC, dan NIC terhadap kualitas pengisian dokumentasi keperawatan’, NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 5(2), p. 26. doi: 10.30659/nurscope.5.2.26-31.

Hia, Y. (2019) ‘Hubungan Perilaku Perawat Dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Cardiovascular and Brain’, 3. doi: 10.31227/osf.io/sygwf.

Mailani, F. and Ramadini, I. (2019) ‘Pedampingan Dan Pelatihan Pendokumentasian Keperawatan Di Puskesmas Lubuk Buaya Padang’, Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), pp. 5–13.

Maryam, R. S. (2015) ‘FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN Pendahuluan Metode’, 18(1), pp. 1–8.

Simamora, R. H. et al. (2017) ‘Penguatan kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan melalui pelatihan ronde keperawatan di rumah sakit royal prima medan’, Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 23(2), pp. 300–304.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v4i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.