PERAN KADER DASA WISMA DALAM APLIKASI PHBS, GEMAS DAN ANTISEPTIK PADA PENGASUHAN KELUARGA BALITA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RT VII KELURAHAN GONDORIYO SEMARANG

Tri Sakti Widyaningsih, Maulidta Karunianingtyas Wirawati

Abstract


Latar belakang: Tingginya angka kematian balita di Masa Pandemi Covid-19 perlu adanya perhatian khusus dalam menerapkan protokol kesehatan. Kader Dasa Wisma merupakan lingkup terkecil dari kelompok kader yang terlibat dalam penyebaran informasi kesehatan dan aktif dalam penanggulangan masalah kesehatan, dimana kelompok tersebut adalah lingkungan terdekat dalam pengasuhan keluarga di lingkup RT khususnya keluarga yang memiliki balita. Terdapat 26 balita di RT VII RW IX Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang bermain bersama tanpa memperhatikan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Tujuan: Tujuan PKM ini adalah upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan peran kader Dasa Wisma serta perubahan perilaku pengasuhan keluarga yang memiliki balita RT VII RW IX Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang selama Masa Pandemi Covid-19 untuk mencegah penularan virus corona.

Metode: Kegiatan PKM ini menggunakan metode 1) Pemberian pendidikan kesehatan tentang PHBS, Gemas, dan penggunaan Antiseptik, 2) Pendampingan Kader Dasa Wisma dalam aplikasi PHBS, Gemas, dan penggunaan Antiseptik di masyarakat, 3) Sosialisasi protokol kesehatan kepada pengasuhan keluarga yang memiliki balita dalam praktik PHBS, Gemas, dan penggunaan Antiseptik, 4) Evaluasi kemampuan dan pemahaman kader dan keluarga balita.

Waktu Pelaksanaan: Kegiatan PKM dilaksanakan pada bulan September 2020 - April 2021.

Hasil kegiatan: Seluruh rencana kegiatan terlaksana dengan baik. Terlatih 6 kader kesehatan RT VII RW IX Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang; pengetahuan dan keterampilan kader meningkat. Hasil edukasi dan pendampingan kader Dasa Wisma berhasil meningkat hingga 90% dalam melakukan pengasuhan keluarga balita dan mengaplikasikan perilaku hidup bersih sehat, menggunakan masker dan antiseptik dalam setiap kegiatan di lingkungan tersebut.

Implikasi Keperawatan: Pemberdayaan dan Pengasuhan Keluarga balita dilibatkan dalam setiap kegiatan di lingkungan RT VII RW IX Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, supaya dapat secara aktif dilakukan monitoring evaluasi serta tetap berperan aktif menerapkan PHBS, Gerakan menggunakan masker dan penggunaan antiseptik.

Kata Kunci: Pendampingan Kader Dasa Wisma, PHBS, Gemas, Antiseptik, Pengasuhan Keluarga Balita


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriansyah, Y. and Rahmantari, D. N. (2013) ‘Penyuluhan Dan Praktik Phbs ( Perilaku Hidup Bersih’, Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 45–50 (Accessed: 17 April 2021).

Kesehatan, K. (2011) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 2269/MENKES/PER/XI/2011 Tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) | Perpustakaan Loka Litbangkes Pangandaran, Jakarta : Kementerian Kesehatan RI. Available at: https://litbangkespangandaran.litbang.kemkes.go.id/perpustakaan/index.php?p=show_detail&id=3635 (Accessed: 17 April 2021).

Malik, F. et al. (2020) ‘Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Menggunakan Masker (GEMAS), serta penggunaan antiseptik dan desinfektan di Desa La Nipa Nipa, Kecamatan Katoi, Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), pp. 154–159. Available at: http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/440 (Accessed: 17 April 2021).

Notoatmodjo, S. (2012) 'Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku', In Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. (2013) 'Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku', Rineka Cipta : Jakarta.

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T. and Agustin, I. T. (2018) ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah’, ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 46–52. doi: 10.35568/abdimas.v1i2.327 (Accessed: 17 April 2021).

Sari, P., Nirmala, S. A. and Didah, D. (2018) Evaluasi Pelaksanaan Revitalisasi Posyandu Dan Pelatihan Kader Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat (Studi Kasus Di Rw 06 Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Tahun 2017), Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Available at: http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16552 (Accessed: 17 April 2021).

WHO (2020) Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19: Panduan interim (Accessed: 17 April 2021).

Wirahaditama, H. (2018) ‘Artikel Determinan Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Masyarakat Desa Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat’ (Accessed: 17 April 2021).




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v3i2.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.