PKM PENDAMPINGAN GURU DAN ADMIN DALAM PENGGUNAAN APLIKASI COMPUTER BASE TESE (CBT) DI SMP MA’HAD ISLAM SEMARANG

supri yanto, Vivi Vira Viridianti

Abstract


ABSTRAK

Ujian atau test merupakan cara untuk melihat hasil proses pembelajaran atau transfer ilmu yang dilakukan setelah proses pembelajaran sudah selesai. Ujian dilakukan beberapa cara diantaranya melalui responsi atau tanya jawab, terulis dan praktik. Cara ujian tersebut mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ujian tertulis yang biasa disebut paper base test (PBT) memerlukan media kertas dan koreksi. Koreksi  membutuhkan  waktu, kemungkinan kesalahan sangat tinggi akibat kelelahan manusia. SMP Ma’had Islam dalam menjalankan ujian masih menggunakan paper base test (PBT) sehingga koreksi membutuhkan waktu dan biaya untuk pangadaan kertas. 

Era Industri 4.0, computer/gadget  merupakan basis untuk pengembangan dengan penerapan teknologi informasi. Teknologi infromasi menggunakan aplikasi xampp, mysql dan aplikasi ujian diterapkan dipendidikan baik pembelajaran maupun diterapkan untuk ujian secara realtime yaitu computer base test (CBT).  Kepraktisan  ujian  berbasis komputer yang melibatkan  guru dan admin  mengisi soal , memasukan siswa, matakuliah dan jadwal ujian.. Soal ujian dapat diatur secara acak  untuk tiap komputer, waktu dapat diatur untuk buka dan tutup saat ujian sehingga kerahasiaanya dapat terjaga dan langsung dikoreksi oleh komputer untuk dapat melihat hasilnya.

CBT di mitra dapat beroperasi dengan baik, dengan CBT hasil ujian dapat dikoreksi dengan cepat dan akurat. CBT dapat mengurangi biaya untuk pengadaan kertas dan efisien waktu.

Kata kunci: cbt, intranet, lan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v3i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.