PKM PENINGKATAN PERILAKU GURU DAN ORANG TUA DALAM MENCEGAH INJURI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TAMAN KANAK – KANAK

Menik Kustriyani, Dwi Nur Aini, Arifianto Arifianto

Abstract


Abstrak

 

Bahaya dan risiko cedera pada anak ada di mana saja, yaitu di rumah, perjalanan dan saat beraktivitas. Tempat paling sering terjadinya cedera yaitu di lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa, tempat anak banyak menghabiskan waktunya merupakan tempat paling sering terjadinya cedera. Aktivitas yang sering menyebabkan cedera pada anak adalah bermain, berjalan-jalan. Bagian tubuh yang paling sering terkena cedera adalah tangan, kaki dan kepala. Sekolah tidak hanya harus mempunyai kurikulum, bangunan, staf pengajar dan prestasi yang baik. Tetapi juga harus berinvestasi dalam menciptakan lingkungan yang selamat dan bebas cidera untuk siswa. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dengan memberikan sosialisasi dan simulasi pada guru dan orang tua murid. Kegiatan dilaksanakan dua kali yaitu pertemuan pertama dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya dan pencegahan  injuri pada anak usia pra sekolah, pertemuan kedua dengan membentuk peer group teman sebaya agar bisa saling memperhatikan dan mengingatkan sesama teman sebaya usia pra sekolah. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan dan respon yang positif peserta dan terbentukknya peer group teman sebaya.

 

Kata Kunci : Pencegahan Cidera Anak, Orang Tua Dan Guru

 

Abstract

 

The danger and risk of injury to children are everywhere, at home, traveling and during activities. The most frequent place of injury is at home and at school. This shows that, where children spend a lot of time is the most frequent place of injury. Activities that often cause injury to children are play, walk. The most commonly affected body parts are the hands, feet and head.  Schools not only have to have a curriculum, buildings, teaching staff and good achievements. But it must also invest in creating a safe and injury-free environment for students. The purpose of community service activities is to increase knowledge by providing socialization and simulation to teachers and parents of students. The activity was held twice, namely the first meeting by providing counseling about the dangers and prevention of injury to pre-school age children. the second meeting by forming peer group peers so that they can pay attention to each other and remind peers of pre-school age. The results of the dedication showed that there was an increase in knowledge and positive responses from participants and the formation of peer groups.

 

Keywords : Prevention Of Injury To Children, Parents And Teacher

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dewi, R. & Indarwati. (2011). Hubungan antara pengetahuan dan sikap orang tua tentang bahaya cedera dan cara pencegahannya dengan praktik pencegahan cedera pada anak usia toddler di Kelurahan Blumbang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Gaster, 8 No. 2(2), 750–764. Retrieved from http://jurnal.stikesaisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/26/23.

Donna L. Wong. et all. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pedriatik. Cetakan pertama. Jakarta : EGC.

Hidayat, A .2005 . Pengantar Ilmu Keperawatan Anak, Jakarta: Salemba raya,

Hidayat, Aziz Alimul .2009 . Ilmu Kesehatan Anak, Jakarta : Salemba Medika

Kuschithawati, S., Magetsari, R., Nawi. 2007. Faktor Risiko Terjadinya Cedera Pada Anak Usia

Sekolah Dasar. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat.

Mauliana, Uci. 2013. Hubungan Pengetahuan Orang Tua dengan Risiko Kecelakaan Balita dalam Rumah Tangga di Desa Pulo Kawa Kecamatan Tangse. Skripsi tidak dipublikasikan. STIKes U‟Budiyah.

Potter PA & Perry AG. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4, Jakarta: EGC.

Notoatmodjo. 2012. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa: Widyasinta Benedictine. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.33660/jipmk.v2i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.